Jual Bibit Tanaman Obat Sambiloto I Kudu Herbal

Jual Tanaman Obat. Tanaman obat sambiloto merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satu khasiatnya yaitu dapat mengobati darah tinggi. 

Tanaman yang memiliki nama latin Andrographis paniculata ini sampai saat ini masih sedikit yang membudiyakannya, Namun jika Anda ingin membeli, kami jual bibit tanaman obat sambiloto, siap kirim ke seluruh Indonesia.

Jual Sambiloto
Gambar tanaman Sambiloto
  
Tanaman sambiloto memiliki beberapa nama daerah. Di Sunda di kenal dengan nama Ki Oray, di Jawa Tengah di kenal dengan nama Andiloto, Bidara, Sambiroto, Sambiloto. Di Madura disebut Pepahitan, Di Sumatera di sebut Empedu Tanah. Orang Cina menyebutnya Chuan Xin Lien, Xuyen Tam Lien/cong cong (Vietnam), Kirata/mahatitka (India ), Kariyat/halviva (Ingris).

Para pakar herbalis sepakat bahwa tanaman sambiloto memiliki banyak manfaat. Bukti nyata khasiat dari sambiloto yaitu banyaknya sumber dari berbagai riset, yang dibukukan melalui jurnal, majalah, media online, buku dan lain lain. Salah satu contohnya dapat dilihat dari buku berjudul “Khasiat dan Manfaat Sambiloto, Raja Pahit Penakluk Aneka Penyakit” yang ditulis oleh  Ivan Prapanza E.P., Lukito Adi Marianto, SP.

Buku yang diterbitkan Agromedia Pustaka tersebut dapat dijadikan sumber refrensi bagi Anda yang sedang mencari bukti ilmiah tentang tanaman yang dikenal dengan si raja pahit itu.

Jual Bibit Sambiloto di Semarang

Baca Juga : Khasiat Bawang Dayak

Deskripsi Tanaman Sambiloto

Tanaman Sambiloto banyak tumbuh di wilayah Asia yaitu di India, Sri Lanka, Pakistan dan Indonesia. Di China dan Thailand sambiloto telah ditanam secara ekstensif. Sambiloto cocok di tanaman di daerah ketinggian 700 mdpl.

Ciri-ciri tanaman sambiloto berbentuk tegak dengan tinggi sekitar 0,5 hingga 1 meter. Batang muda berukuran kecil, berpersegi empat dan tidak berambut atau berbulu. Batang yang sudah tua berkayu dengan pangkal agak membulat. Batang bercabang secara monopodial dan berwarna hijau.

Daun sambiloto berbentuk tunggal, berbentuk bulat telur hingga menyerupai lidah tombak dengan posisi bersilangan berhadapan. Bagian ujung dan pangkalnya runcing dengan helai daun bertepi rata dengan pertulangan daun menyirip. Warna daun sambiloto bagian atas berwarna hijau tua sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau pucat. Jika bagian daun dimakan maka terasa sangat pahit.

Bunga sambiloto berbentuk majemuk, kecil berwarna putih dengan garis-garis ungu. Mahkota terdiri atas 5 petala berbentuk tabung, zigomorf dengan ujung menyerupai bibir. Letaknya menyendiri di ketiak atau di ujung malai. Seluruh bunga membentuk bunga malai yang besar. Kelopaknya berbentuk lanset terbagi lima dan pangkalnya berlekatan.

Tiap bunga memiliki 2 bulir benang sari. Kepala putik berwarna ungu kecoklatan. Buah berbentuk kotak atau silinder, tegak dengan bagian ujung runcing dan beralur di bagian tengah. Buah muda berwarna hijau setelah tua berwarna hitam. Bijinya berjumlah empat buah yang dapat terlempar ke luar jika buah masak. Akar sambiloto berbentuk Tunggang, putih kecoklatan. (Syamsuhidayat & Hutapea, 1991)

Kandungan Tanaman Sambiloto

Khasiat sambiloto sudah dikenal sebagai obat herbal karena kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Manfaat tanaman sambiloto mengandung senyawa golongan fenol, flavonoid, terpenoid, alkaloid, kalium, natrium dan asam kersik (Nuratmi dkk., 1996; Widiastuti, 2002). Senyawa kimia yang telah berhasil diisolasi adalah andrografolid, andrografisid, andrograpanin, andropanosid serta andrografidin A, B, C, D, E, dan F (Hanani dkk., 1994; Nuratmi dkk., 1994). Menurut Khan (2001) senyawa kimia yang diduga berperan dalam fungsi perlindungan hati adalah andrografolid.

Secara kimia sambiloto mengandung diterpen, flavonoid, stigmasterol, alkane, keton, aldehid dan mineral (kalsium, natrium, kalium) (Rosidah et al., 2012). Beberapa jenis diterpen telah teridentifikasi dalam sambiloto diantaranya yaitu andrografolid, deoksiandrografolid, neoandrografolid, 14-deoksi-11,12-didehidroandrografolid, isoandrografolid, dan 3,19-dihydroxy-15- methoxy-entlabda-8(17),11,13-trien-16,15-olide (Song et al., 2013). Komponen utamanya adalah andrografolid yang merupakan senyawa diterpen lakton (Rosidah et al., 2012).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menetapkan sambiloto sebagai salah satu tanaman obat unggulan. Kasiat sambiloto begitu banyak disebabkan sambiloto memiliki kandungan yang lengkap (Prapanza & Marianto, 2003; Suryawati, 2007). Kandungan sambiloto antara lain: andrografolid, neoandrografolid, homoandrografolid, 14-deoksi-11,12-didehidroandrografolid, 14-deoksi-11-oksoandrografolid, 14-deoksiandrografolid, andrografin, panikulida A, B dan C, panikulin, 5-hidroksi-2’,7,8-trimetoksiflavon, 2’,5-dihidroksi-7,8- dimetoksiflavon, 4’,7-dimetilterapigenin, dan mono-O-metilwigtin (Sudarsono dkk., 1996). Andrografolid merupakan senyawa identitas dan senyawa kimia utama tanaman sambiloto.

Ekstrak daun sambiroto diketahui memberikan aktivitas antidiare terhadap bakteri yang menyebabkan diare pada manusia (Jarukamjorn dan Nemoto, 2008). Kandungan daun sambiloto adalah diterpenoide lactones (andrographolide), paniculides, farnesols dan flavonoid. Dari berbagai penelitian, kandungan yang dipercaya dapat melawan penyakit adalah andrographolide. Disamping itu, manfaat daun sambiroto mengandung saponin, alkaloid dan tanin. Kandungan kimia lain yang terdapat pada daun adalah lactone, paniculin, dan kalmegin (Dalimunthe, 2009). Secara farmakologi disebutkan daun samiloto mempunyai sifat sebagai analgesik, antiinflamasi, antibakteri, antimalaria, antiviral, imunostimulator, hepatoprotektif, kardiovaskular, dan antikanker (Jarukamjorn dan Nemoto, 2008; Mahruzar, 2009).

Manfaat Tanaman Sambilloto dan Cara Konsumsinya


1. Sambiloto untuk obat darah tinggi

Ambil Daun sambiloto segar sebanyak 5 - 7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Rebusan daun sambiloto di tambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.

2. Mengobati Influenza

Daun sambiloto dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam, sakit kepala, atau influenza. Seduh daun sambiloto yang telah dikeringkan dalam bentuk bubuk. Tunggu hingga dingin, kemudian minum. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Mengobati Batuk rejan serta hipertensi.

Sediakan 7 lembar daun sambiloto, kemudian seduh ke dalam ½ cangkir air panas. Anda bisa menambahkan madu ketika hendak meminumnya. Minum obat alami ini untuk Menurunkan Hipertensi Secara Alami.

4. Mengobati Radang Paru-paru.

Sambiloto juga dapat mengobati radang pru, tonsilitis, serta radang mulut. Caranya cukup dengan menyeduh 4 gram daun sambiloto yang sudah dikeringkan. Minum airnya setelah dingin. Jika teman anda terkena Penyakit Paru-paru basah, palajari Cara Mengobati Paru-Paru Basah Secara Alami.

5. Mengobati Kencing Nanah.

Ambil seluruh bagian tanaman sambiloto sebanyak 3 tangkai. Setelah dicuci, anda bisa merebusnya ke dalam 4 gelas air. Biarkan hingga air tersisa 2,25 gelas. Untuk meminumnya dapat dicampur madu. Minum racikan herbal ini sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

6. Mengobati Diabetes.

Sambiloto untuk diabetes. Sediakan ½ genggam daun Sambiloto, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus ke dalam 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 2,5 gelas saja. Minum di pagi, siang dan malam hari. Begitulah cara memanfaatkan daun sambiloto untuk diabetes.

7.  Mengobati Tifus.

Rebus 15 daun sambiloto ke dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa segelas air saja. Minum secara teratur untuk menyembuhkan tifus.

8. Mengobati Radang Tenggorokan.

Sediakan 15 daun sambilot dan 5 lembar daun sirih merah. Rebus ke dalam 3 gelas air. Setelah tersisa 1 gelas air saja, matikan api. Anda dapat meminumnya setelah dingin.

9. Melawan Racun dari sengatan binatang.

Jika teman anda digigit ular atau disengat kalajengking, jangan panik. Suruh teman anda untuk mengunyah daun sambiloto. Telan airnya dan tempelkan daunnya ke bekas sengatan kalajengking.

10. Mengobati Malaria.

Untuk menyembuhkan malaria, rebus segenggam daun sambiloto ke dalam 4 cangkir air. Biarkan hingga air tinggal 2 cangkir saja. Minum sebanyak 3 kali sehari.

11. Mengobati Diare.

Prestasi lain dari daun sambiloto adalah mengobati diare, disentri dan radang saluran pernafasan. Untuk mengobati penyakit yang disebutkan, rebus 15 gram daun sambiloto ke dalam 3 gelas air. Setelah tersisa segelas saja, saring dan biarkan dingin. Minum sebanyak 2 kali saja dalam sehari.

12. Melindungi Sel Hati dari efek parasetamol.

Senyawa laktone yang disebut sebagai andrographolide terdapat pada daun sambiloto. Ini sangat efektif untuk melawan efek negatif obat kimia. Untuk menggunakannya, jemur 20 gram daun sambiloto lalu digiling. Seduh daun kering tersebut. Minum sebanyak 3 kali sehari.

13. Mengobati Wasir.

Daun sambiloto juga bermanfaat untuk mengobati wasir. Caranya tidak sulit. Terlebih dulu buatlah bubuk dari akar terong. Siapkan 15 gram akar terong, kemudian jemur dan giling hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan jus Lidah Buaya dan bubuk dari daun sambiloto. Aduk hingga merata, kemudian oleskan ke bagian yang terkena wasir. Artikel tentang Mengobati wasir secara lengkap dapat anda baca pada Cara Alami Mengobati Wasir Menggunakan Ramuan Tradisional

14. Mengobati Faringitis

Sediakan 9 gram daun sambiloto untuk dicuci dengan air siap minum. Kunyah dan telan airnya untuk mengobati penyakit tersebut. Rasakan pahitnya! Bayangkan ini tidak seberapa dibanding derita akibat penyakit Faringitis.

15. Daun sambiloto untuk jerawat

Cara konsumsi manfaat sambiloto untuk jerawat yaitu dengan cara ambillah beberapa pucuk daun sambiloto, gerus hingga hancur dan mengeluarkan cairan, oleskan cairannya langsung ke jerawat yang tumbuh pada wajah kita. Gunakan sebelum tidur, namun jangan lupa untuk membersihkan wajah kita setelahnya. Itulah manfaat daun sambiloto untuk wajah.

Efek Samping Konsumsi Sambiloto


Tanaman sambiloto aman untuk dikonsumsi dalam dosis dan jangka waktu tertentu. Akan tetapi kita harus tetap memperhatikan cara hidup sehat agar terhindar dari efek samping sambiloto. Efek samping daun sambiloto biasanya seperti kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit kepala, pilek, dan kelelahan. Jika digunakan dalam dosis tinggi pada jangka panjang, sambiloto dapat menyebabkan pembengkakkan kelenjar getah bening, alergi, dan peningkatan produksi enzim di hati.

Ada baiknya untuk memperhatikan kondisi tubuh anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi sambiloto. Berikut ini beberapa kondisi khusus yang perlu diperhatikan:

1.      Tanaman sambiloto tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui, serta bagi anda yang memiliki masalah kesuburan.

2.      Penderita penyakit imun juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi sambiloto karena dapat meningkatkan gejala auto-imun.

3.      Penderita tekanan darah rendah juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi sambiloto, dikarenakan salah satu manfaat sambiloto ialah menurunkan tekanan darah.

4.      Untuk balita, sambiloto aman untuk diminum pada jangka pendek atau kurang dari satu bulan.

Jual Bibit Sambiloto


Bagi Anda yang sedang mencari atau mau membeli bibit tanaman sambiloto, kami jual bibit sambiloto. Siap kirim ke seluruh Indonesia, bagi yang dekat dengan kami bisa kami kirimkan via gojek dan akan kami kirimkan pada hari ini juga.

Kami memberikan garansi jika dalam pengiriman kami tidak sesuai dengan jumlah yang dipesan dibuktikan foto yang dikirimkan ke WhtatsApp kami

Bibit Tanaman Sambiloto:
  
Bibit Sambiloto

Harga bibit tanaman Sambiloto per polibag Rp. 35.000
(Harga belum termasuk ongkos kirim)

Format Pemesanan :
Nama Lengkap# Alamat Lengkap# Nomer HP Aktif# Jumlah yang dipesan# Keterangan lain jika ada. Kirim Ke 085727812151.

Contoh:
Muhammad Solihin# Jl. Menangeng Rt. 01 Rw. 06 Kudu Genuk Semarang# 085727812151# 5 Bibit Sambiloto# Minta Nomor Rekening BCA. Kirim Ke 085727812151

Berdasarkan permintaan pelanggan, untuk sekarang nomor resi kami kirimkan langsung fotonya di nomor WhatsApp Anda

Langkah-langkah Prosedur Pemesanan

1.      Jadilah pelanggan yang santun dan cerdas.
2.      Jika belum paham seperti khasiat sambiloto atau cara konsumsi sambiloto bisa dipelajari terlebih dahulu.
3.      Lakukan pemesanan sesuai format yang kami berikan.
4.      Setelah anda mengirimkan format pemesanan via SMS/WA di nomor kami, Maka kami akan memberikan balasan keterangan waktu kapan pesanan dikirim, total transfer dan nomer rekening kami.
5.      Setelah anda transfer ke nomor rekening kami, mohon segera untuk konfirmasi, dan kami akan memberikan balasan kapan barang akan dikirim.
6.      Nomor resi akan kami kirimkan setiap hari pada malam hari.
7.      Setelah barang sampai mohon untuk konfirmasi kepada kami.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang tanaman sambiloto mulai dari beberapa nama lain dari sambiloto, klasifikasi, taksonomi, budidaya, kandungan, manfaat, cara konsumsi dan efek samping dari tanaman sambiloto. Jika Anda ingin membeli atau bertanya tentang tanaman sambiloto. Jangan sungkan sungkan hubungi kami. Semoga Bermanfaat


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter